Informasi CSR memuat kebijakan, jenis program, dan biaya yang dikeluarkan
Sritex dalam melakukan aktivitasnya sebagai Perusahaan yang bergerak dalam sektor manufaktur memastikan bahwa aktivitas Perusahaan sudah sesuai dengan prinsip keberlanjutan yaitu keseimbangan antara triple bottom line yaitu people, profit, planet. Perseroan mengukur keberhasilan usaha berdasarkan tanggung jawab sosial, kepedulian terhadap lingkungan dan keuntungan. Model yang dikembangkan tidak hanya mengejar keuntungan finansial namun juga tanggung jawab sosial.
Pada tahun 2018, Sritex telah mencatat jumlah pendistribusian nilai ekonomi untuk pelaksanaan seluruh kegiatan CSR adalah sebesar USD485.945.
1. Lingkungan Hidup
Inisiatif dalam pengelolaan lingkungan telah memberikan kontribusi terhadap upaya untuk menjadikan Sritex sebagai bisnis tekstil yang berkelanjutan. Perseroan berkomitmen untuk terus menjaga dan meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan agar dalam jangka panjang dapat terwujud insdustri tekstil yang ramah lingkungan dan menjaga reputasi bisnis di pasar global.
Pada tahun 2018, Perseroan telah menerapkan kebijakan dalam pengelolaan lingkungan antara lain:
PENGGUNAAN MATERIAL YANG RAMAH LINGKUNGAN
Operasi bisnis Sritex yang telah terintegrasi secara vertikal membantu Perusahaan untuk memiliki kendali yang lebih luas dalam proses produksinya. Dalam hal ini, Perusahaan dapat menentukan penggunaan bahan baku yang dapat terbarui untuk menghasilkan produk yang lebih ramah lingkungan.
Terhitung pada tahun 2018, penggunaan bahan baku terbaharui mencapai 70% dari total bahan baku yang digunakan.
KONSERVASI ENERGI
Sistem manajemen energi yang diterapkan Perusahaan untuk mengendalikan konsumsi energi telah mengacu pada standar ISO5001. Hal ini berarti sistem manajemen energi yang diterapkan telah berorientasi pada Green Industry. Pada tahun 2018 Perusahaan berhasil menekan angka intensitas energi menjadi 0,143 Gjoule/potong produk pakaian yang mana angka ini telah turun dari intensitas penggunaan energi pada tahun sebelumnya.
MENEKAN EMISI
Perusahaan turut mendukung penuh komitmen Pemerintah Indonesia untuk berpartisipasi menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK ) 29%. Kontribusi Sritex dalam menekan angka emisi ditunjukkan melalui kebijakan efisiensi energi yang telah dicanangkan. Program efisiensi energi Perusahaan turut mendorong pada penurunan intensitas emisi sebesar 90% dibandingkan tahun sebelumnya.
SISTEM PENGELOLAAN LIMBAH
Tidak bisa dipungkiri bahwa operasi bisnis industri tekstil menghasilkan dampak berupa limbah baik limbah cair maupun limbah padat. Dalam pengelolaan limbah cair, Perusahaan telah memilki WTPP/ IPAL untuk mengolah limbah cair sisa proses produksi. Total selama tahun 2018, WTPP/ IPAL di Perusaaan telah mengolah 100% air yang digunakan untuk proses produksi dan telah dialirkan kembali ke sungai dengan baku mutu yang layak. Sedangkan untuk limbah padat, sebagain dimanfaatkan kembali dan sebagian lainnya dibuang ke tempat pembuangan akhir.
SERTIFIKASI LINGKUNGAN
Dalam hal sertifikasi lingkungan, Perseroan telah memperoleh sertifikasi antara lain:
• ISO14001:2015
• Proper Kementerian Lingkungan Hidup
• Audit NATO (Sertifikasi Bundeswehr Jerman)
2. Praktik ketenagakerjaan, kesehatan dan keselamatan kerja;
Perusahaan melihat bahwa tenaga kerja merupakan bagian penting dalam operasi bisnisnya. Sritex berkomitmen untuk terus memberikan perhatian kepada para karyawan terhadap isu-isu ketenagakerjaan melalui berbagai mekanisme. Kegiatan terkait ketenagakerjaan yang telah dilakukan Perusahaan pada tahun 2018 antara lain sebagai berikut:
KESETARAAN GENDER DAN KESEMPATAN KERJA
Terkait dengan pemberian hak kepada para karyawan, Sritex tetap menjunjug tinggi prinsip kesetaraan. Seluruh peraturan dan kesempatan kerja berlaku kepada seluruh karyawan tanpa membedakan gender. Untuk kualifikasi semua posisi pekerjaan yang ditawarkan hanya mensyaratkan pendidikan dan kompetensi. Hak dan kewajiban berlaku untuk semua karyawan tanpa membedakan gender.
KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA
Kesehatan dan Keselamatan Kerja menjadi satu budaya yang wajib diimplementasikan oleh seluruh karyawan. Dalam upaya untuk mewujudkan nol angka kecelakaan kerja, Perseroan secara rutin mengadakan pelatihan tentang kesehatan dan keselamatan kerja yang diselenggarakan oleh P2K3 Sritex. Selain itu, Perseroan juga menyediakan layanan kesehatan gratis berupa poliklinik 24 jam untuk menangani cidera dan gangguan kesehatan baik karena pekerjaan maupun karenan non pekerjaan.
PROGRAM RETURN TO WORK
Tanggung jawab sosial Sritex dalam bidang ketenagakerjaan dilakukan melalui program Return To Work (RTW) dari BPJS Ketenagakerjaan. Pada tahun 2018, Perseroan kembali menerima karyawan yang absen beberapa bulan karena kecelakaan kerja untuk kembali bekerja. Program ini juga mencakup penerimaan karyawan difabel. Sampai dengan akhir 2018, terdapat lebih dari 160 karyawan difabel dengan berbagai kondisi kecacatan.
PENGEMBANGAN KOMPETENSI KARYAWAN
Sebagai salah satu kunci dalam pertumbuhan kinerja Perusahaan, Sumber Daya Manusia menjadi salah satu faktor yang sangat diperhatikan kualitasnya. Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas SDM nya, Sritex memiliki Learning Center dan LPK.
Learning Center Sritex menjadi pusat pelatihan para SDM dari berbagai level karyawan untuk mendapatkan pelatihan soft skill dan sarana untuk memperluas pengetahuan terutama yang berkaitan dengan pekerjaan.
Sedangkan untuk LPK sendiri merupakan pusat pelatihan hardskill untuk para karyawan terutama pada level operator. LPK Sritex juga memberikan pelatihan untuk karyawan entry-level yang dari ‘unskill’ menjadi ‘skill’.
Selama tahun 2018, Sritex telah memberikan pelatihan baik soft skill maupun hardskill kepada 910 karyawan dari berbagai level organisasi.
3. Pengembbangan sosial dan kemsyarakatan
Sritex hadir tak sekadar mencari keuntungan semata. Sejak awal beroperasi, Perseroan berkomitmen agar kehadirannya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitarnya. Dengan komitmen seperti itu, maka dari tahun ke tahun, Perseroan terus berupaya untuk meningkatkan hubungan yang harmonis dengan masyarakat. Pada tahun 2018, Peseroan telah memberikan kontribusinya kepada masyarakat melalui program-program berikut ini:
INVESTASI INFRASTRUKTUR
Pada tahun 2018, Sritex telah melakukan investasi infrasturktur berupa pembangunan rumah ibadah dan sekolah. Bantuan infrastruktur kepada rumah ibadah, Sritex secara rutin memberikan sumbangan dana pengembangan infrastruktur kepada rumah ibadah di sekitar wilayah operasi Perusahaan yaitu di daerah Sukoharjo Jawa Tengah. Selain rumah ibadah, Sekolah yang diberikan bantuan investasi infrasrtuktur tersebut adalah SMK Tekstil Lailatul Qodar di Desa Kenep, Sukoharjo Jawa Tengah. Sekolah tersebut merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang mencetak sumber daya siap kerja dalam bidang tekstil.
RUMAH HARMONI ALAM (RHA)
Rumah Harmoni Alam (RHA) merupakan program binaan Sritex untuk menggerakan ekonomi kerakyatan untuk petani yang memperjuangkan keseimbangan alam melalui penciptaan sistem pemberdayaan terpadu untuk menciptakan pendapatan tambahan dan jalan kemandirian yang berkelanjutan. RHA sendiri memiliki struktur organisasi yang beranggotakan kelompok tani Boga Tani. Dampak dai program ini telah dirasakan langsung oleh petani yang mengikuti program RHA ini. Salah satu dampaknya adalah adanya peningkatan hasil panen hingga 33% pada tahun 2018.
DONOR DARAH
Sritex bekerjasama dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukoharjo dalam kegiatan CSR donor darah yang diadakan secara rutin yaitu setiap 3 (tiga) bulan sekali di PT Sri Rejeki Isman Tbk.
4. Tanggung Jawab produk dan/atau layanan, dengan disertai informasi pendukungnya
Sritex semakin mengukuhkan reputasinya sebagai pelaku industri tekstil dan garmen dengan merambah pasar global. Oleh karena itu, Perusahaan memiliki tanggung jawab yang semakin besar untuk memenuhi harapan seluruh pelanggan. Sebagai realisasi tanggung jawab sosial terhadap pelanggan, perusahaan secara internal menanamkan sejumlah prinsip yang harus dipenuhi para karyawan di bidang produksi. Para karyawan diwajibkan memahami bahwa Sritex adalah perusahaan tekstil tekstil terpadu yang menghasilkan produk-produk terbaik.
LEGALITAS PRODUK DAN KEPATUHAN
Kualitas dan mutu produk-produk Sritex diperoleh dari penerapan sistem manajemen terpadu. Dalam hal ini, Perusahaan telah memperoleh sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 dan ISO 14001:2015. Selain itu, Sritex juga memiliki sertifikasi pada bahan baku yang digunakan yaitu sertifikat dari Cotton Council International dan Oeko-Tex.
SURVEY KEPUASAN PELANGGAN
Perusahaan secara rutin mengevaluasi atas kinerja pelayanan dan produk yang dihasilkan melalui survey kepuasan pelanggan. Pada tahun 2018, hasil survey menyatakan bahwa rata-rata pelanggan cukup puas dengan pelayanan dan produk yang diberikan oleh Sritex.
SISTEM PENGADUAN PELANGGAN
Untuk kesigapan dalam menangani keluhan pelanggan, Perusahaan menyediakan saluran untuk menerima masukan serta keluhan dari semua pemangku kepentingan dengan cara menghubungi via telepon ke (0271) 593188, faksimili (0271) 592488, via surat elektronik ke info@sritex.co.id atau via surat ke alamat PT Sritex Rejeki Isman Tbk, Jl. KH. Samanhudi 88 Jetis, Sukoharjo 57511, Solo, Jawa Tengah.